PENERAPAN POSISI SEMI FOWLER UNTUK MENGURANGI SESAK NAFAS AKIBAT ASMA PADA ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN) DI RUANG MELATI DI RUMAH SAKIT DUSTIRA CIMAHI

Record Detail

CD-ROM

PENERAPAN POSISI SEMI FOWLER UNTUK MENGURANGI SESAK NAFAS AKIBAT ASMA PADA ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN) DI RUANG MELATI DI RUMAH SAKIT DUSTIRA CIMAHI

XML

Asma merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan angka kesakitan dan kematian di anak. Berbagai macam penyakit alergi akhir-akhir ini meningkat sejalan dengan perubahan pola hidup masyarakat modern, baik polusi lingkungan maupun zat-zat yang ada di dalam makanan. Salah satu penyakit alergi yang banyak terjadi pada usia sekolah adalah Asma. Semi fowler adalah dengan meninggikan kepala 30-40 derajat untuk menimbulkan efek gaya gravitasi yang mengakibatkan organ- organ yang berada di dalam rongga perineum cenderung ke bawah sehingga tekanan intra abdomen, selain itu semi fowler juga salah satu intervensi yang paling efektif untuk mengurasi sesak napas akibat asma. Tujuan dari penelian ini adalah meningkatkan pengetahuan dalam penerapan posisi semi fowler untuk menurunkan sesak nafas akibat Asma. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang berbentuk studi kasus, dengan fokus studi pada satu orang responden. Hasil penelitian didapatkan satu orang responden yang sebelum dilakukan posisi semi fowler terdapat suara napas ronchi, wheezing, respirasi 32x/menit, pasien gelisah. Namun setelah dilakukan posisi semi fowler terdapat suara wheezing berkurang, suara napas tambahan ronchi berkurang, respirasi 22x/menit pola napas membaik.

Kata kunci : Anak usia sekolah, Asma, Posisi Semi fowler


Detail Information

Item Type
Thesis
Penulis
Thessa Trie Wiranita - Personal Name
Student ID
19.045
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edition
Published
Departement
KEPERAWATAN ANAK
Contributor
Language
Indonesia
Publisher STIKES RS DUSTIRA : Cimahi.,
Edition
Published
Subject(s)
No Panggil
618.92 THE p
Copyright
Doi

File Attachment

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail