CD-ROM
PENERAPAN POSISI SEMI FOWLER UNTUK MENGURANGI SESAK NAFAS AKIBAT ASMA PADA ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN) DI RUANG MELATI DI RUMAH SAKIT DUSTIRA CIMAHI
XMLAsma merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan angka kesakitan dan kematian di anak. Berbagai macam penyakit alergi akhir-akhir ini meningkat sejalan dengan perubahan pola hidup masyarakat modern, baik polusi lingkungan maupun zat-zat yang ada di dalam makanan. Salah satu penyakit alergi yang banyak terjadi pada usia sekolah adalah Asma. Semi fowler adalah dengan meninggikan kepala 30-40 derajat untuk menimbulkan efek gaya gravitasi yang mengakibatkan organ- organ yang berada di dalam rongga perineum cenderung ke bawah sehingga tekanan intra abdomen, selain itu semi fowler juga salah satu intervensi yang paling efektif untuk mengurasi sesak napas akibat asma. Tujuan dari penelian ini adalah meningkatkan pengetahuan dalam penerapan posisi semi fowler untuk menurunkan sesak nafas akibat Asma. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang berbentuk studi kasus, dengan fokus studi pada satu orang responden. Hasil penelitian didapatkan satu orang responden yang sebelum dilakukan posisi semi fowler terdapat suara napas ronchi, wheezing, respirasi 32x/menit, pasien gelisah. Namun setelah dilakukan posisi semi fowler terdapat suara wheezing berkurang, suara napas tambahan ronchi berkurang, respirasi 22x/menit pola napas membaik.
Kata kunci : Anak usia sekolah, Asma, Posisi Semi fowler
Detail Information
Item Type |
Thesis
|
---|---|
Penulis |
Thessa Trie Wiranita - Personal Name
|
Student ID |
19.045
|
Dosen Pembimbing |
Tri Budi Sutrani, S.Kep., Ners., M.Kep - - Dosen Pembimbing 1
Tunggul SAS, S.Kep., Ners., M.Kep - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dwi Hastuti, S.Kep.,Ners.,M.Kep - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edition |
Published
|
Departement |
KEPERAWATAN ANAK
|
Contributor | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | STIKES RS DUSTIRA : Cimahi., 2022 |
Edition |
Published
|
Subject(s) | |
No Panggil |
618.92 THE p
|
Copyright | |
Doi |