Penerapan Finger Painting Therapy Pada AN.H Usia Prasekolah (3 Tahun) Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Dengan Dengan Penyimpangan Perkembangan di Puskesmas Cimahi Selatan Tanggal 6,7 & 9 Mei 2025

Record Detail

Skripsi

Penerapan Finger Painting Therapy Pada AN.H Usia Prasekolah (3 Tahun) Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Dengan Dengan Penyimpangan Perkembangan di Puskesmas Cimahi Selatan Tanggal 6,7 & 9 Mei 2025

XML

Perkembangan anak usia prasekolah di mulai dari umur 3-6 tahun, tidak semua anak dapat melewati tahap perkembangan dengan baik maka dari itu perkembangan anak usia prasekolah merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. 15-20% anak usia prasekolah menderita gangguan perkembangan motorik halus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kegiatan finger painting therapy pada anak usia 3 tahun dengan penyimpangan perkembangan motorik halus di Puskesmas Cimahi Selatan. Metode studi kasus yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan desain deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan proses observasi dan wawancara serta Kuesioner Perkembangan Pra Skrining (KPSP) dan instrumen penilaian motorik halus. Penyimpangan perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah dapat menghambat kemampuan anak dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, seperti menulis dan menggambar. Finger painting therapy merupakan salah satu bentuk terapi bermain yang dapat menstimulasi perkembangan keterampilan motorik halus anak. Hasil pada An.H dengan penyimpangan perkembangan keterampilan motorik halus sebelum diberikan finger painting therapy dari hasil KPSP yaitu meragukan (M) dengan skor 1 dan setelah diberikan finger panting therapy didapatkan hasil sesuai (S) dengan skor 3 yang menunjukan bahwa terdapat peningkatan keterampian motorik halus pada An.H. Hasil studi kasus ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan motorik halus An.H setelah dilakukan terapi finger painting therapy secara berkelanjutan dalam waktu 3 hari dengan jumlah akhir 83,3% (sangat baik). Penelitian ini menunjukan finger painting therapy pada anak usia prasekolah dapat meningkatkan perkembangan keterampilan motorik halus dan efektif dalam membantu perkembangan koordinasi antara tangan dan mata, serta meningkatkan kemampuan fungsional anak dalam kegiatan sehari-hari.
Kata Kunci : Anak Prasekolah, Motorik Halus, Finger Painting Therapy


Detail Information

Item Type
Karya Tulis Ilmiah
Penulis
Shanti Khoirum Prathiwi - Personal Name
Student ID
144012022145
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edition
Published
Departement
D3 Keperawatan
Contributor
Language
Indonesia
Publisher STIKES RS DUSTIRA : Cimahi.,
Edition
Published
Subject(s)
No Panggil
618 SHA p
Copyright
Sekolah TInggi Ilmu Kesehatan (STIKes) RS Dustira
Doi

File Attachment

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail