Penerapan Terapi Bermain Melipat Origami Untuk Meningkatkan Motorik Halus Pada AN. F Dengan Gangguan Perkembangan Usia Prasekolah (6 Tahun) di TK Kartika Siliwangi Lembang Tanggal 14-16 Mei 2025

Record Detail

Skripsi

Penerapan Terapi Bermain Melipat Origami Untuk Meningkatkan Motorik Halus Pada AN. F Dengan Gangguan Perkembangan Usia Prasekolah (6 Tahun) di TK Kartika Siliwangi Lembang Tanggal 14-16 Mei 2025

XML

Gangguan perkembangan pada anak merupakan kondisi yang dapat menghambat proses pencapaian tugas perkembangan sesuai usia, khususnya pada aspek motorik halus. Keterlambatan ini sering disebabkan oleh kurangnya stimulasi dari lingkungan, terutama dari orang tua. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan motorik halus anak adalah terapi bermain. Origami merupakan kegiatan melipat kertas yang melibatkan koordinasi antara mata dan tangan, serta gerakan halus jari yang mampu merangsang keterampilan motorik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia prasekolah dengan gangguan perkembangan sebelum dan sesudah diterapkan terapi bermain melipat origami. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus deskriptif dengan pendekatan proses keperawatan. Subjek dalam studi ini adalah An. F, anak usia 6 tahun yang mengalami keterlambatan perkembangan motorik halus. Intervensi dilakukan selama tiga hari berturut-turut pada tanggal 14–16 Mei 2025, dengan durasi 20 menit per sesi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) dan lembar penilaian keterampilan motorik halus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor KPSP dari 8 (perkembangan meragukan) menjadi 10 (perkembangan normal/sesuai usia), serta hasil penilaian keterampilan motorik halus berada pada kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Hasil ini membuktikan bahwa terapi bermain melipat origami efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak prasekolah. Terapi bermain melipat origami dapat dijadikan salah satu alternatif tindakan keperawatan dalam memberikan stimulasi perkembangan motorik halus pada anak.
Kata kunci: Anak prasekolah, Gangguan perkembangan, Motorik halus, Origami, Terapi bermain,


Detail Information

Item Type
Karya Tulis Ilmiah
Penulis
Kesya Alika Salsabila - Personal Name
Student ID
14402022071
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edition
Published
Departement
D3 Keperawatan
Contributor
Language
Indonesia
Publisher STIKES RS DUSTIRA : Cimahi.,
Edition
Published
Subject(s)
No Panggil
618 KES p
Copyright
Sekolah TInggi Ilmu Kesehatan (STIKes) RS Dustira
Doi

File Attachment

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail