Skripsi
Penerapan Positive Self Talk Therapy Pada Remaja Dengan Kecemasan Akademik di SMA Pasundan Banjaran
XML
Kecemasan akademik sering dialami remaja akibat tekanan tugas sekolah, persaingan nilai, serta tuntutan lingkungan belajar. Menurut WHO (2024), prevalensi kecemasan pada remaja usia 10–14 tahun mencapai 4,4% dan meningkat menjadi 5,5% pada usia 15–19 tahun, menunjukkan bahwa kecemasan menjadi isu global yang signifikan. Studi ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan Positive Self Talk Therapy terhadap penurunan kecemasan akademik pada remaja. Penelitian menggunakan metode studi kasus deskriptif dengan subjek seorang siswa kelas X di SMA Pasundan Banjaran yang mengalami kecemasan tingkat sedang berdasarkan Academic Anxiety Scale. Intervensi berupa Positive Self Talk Therapy dilaksanakan selama tiga sesi dengan berdurasi 15 menit. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan pengisian kuesioner. Hasil studi menunjukkan adanya penurunan gejala kecemasan seperti gelisah, tegang, kesulitan berkonsentrasi, serta adanya perubahan ekspresi diri menjadi lebih positif dan terbuka terhadap tantangan akademik. Terapi ini membantu mengidentifikasi pikiran negatif dan menggantikannya dengan respons yang adaptif. Hasil studi mendukung penggunaan Positive Self Talk Therapy sebagai pendekatan non-farmakologis yang efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan akademik dan meningkatkan kontrol diri serta kepercayaan diri pada remaja. Penulis merekomendasikan untuk peneliti lain untuk dapat melakukan penerapan Positive Self Talk Therapy pada klien selain dengan kecemasan.
Kata Kunci : Kecemasan akademik, Positive Self Talk Therapy, Remaja
Detail Information
Item Type |
Karya Tulis Ilmiah
|
---|---|
Penulis |
Irma Kurniawati - Personal Name
|
Student ID |
144012022069
|
Dosen Pembimbing |
H. Tantan Hadiansyah, S.Kep., Ners., M.Kep - - Dosen Pembimbing 1
Endah Sarwendah., S.Kep., Ners., M.Kep - - Dosen Pembimbing 1 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI | |
Edition |
Published
|
Departement |
D3 Keperawatan
|
Contributor | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | STIKES RS DUSTIRA : Cimahi., 2025 |
Edition |
Published
|
Subject(s) | |
No Panggil |
616.89 IRM p
|
Copyright |
Sekolah TInggi Ilmu Kesehatan (STIKes) RS Dustira
|
Doi |