Penerapan Afirmasi Positif Pada Remaja Korban Bullying yang Mengalami Harga Diri Rendah Situasional di SMAN 3 Cimahi

Record Detail

Skripsi

Penerapan Afirmasi Positif Pada Remaja Korban Bullying yang Mengalami Harga Diri Rendah Situasional di SMAN 3 Cimahi

XML

Bullying di lingkungan sekolah dapat berdampak signifikan terhadap kondisi psikologis remaja, salah satunya adalah munculnya harga diri rendah situasional. Kondisi ini ditandai dengan menurunnya rasa percaya diri, munculnya citra diri negatif, dan kecenderungan menarik diri dari lingkungan sosial. Studi kasus ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan afirmasi positif sebagai salah satu bentuk intervensi keperawatan dalam meningkatkan harga diri pada remaja korban bullying. Studi kasus ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan desain deskriptif. Subjek penelitian adalah satu orang remaja yang mengalami bullying dan menunjukkan gejala harga diri rendah. Intervensi dilakukan dengan memberikan terapi afirmasi positif selama tiga sesi, masing-masing selama 10 menit. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan kuesioner Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES). Terapi dilakukan dengan teknik menulis, membaca, dan mengucapkan afirmasi positif secara mandiri dan terbimbing. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi perilaku, dan pengisian kuesioner Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) sebelum dan sesudah intervensi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada indikator harga diri, seperti peningkatan kontak mata, perubahan postur tubuh, serta peningkatan partisipasi sosial dan verbal yang lebih percaya diri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah afirmasi positif efektif diterapkan sebagai intervensi keperawatan mandiri dalam meningkatkan harga diri rendah situasional pada remaja korban bullying. Disarankan agar tenaga keperawatan, khususnya di lingkungan sekolah, dapat menggunakan terapi ini sebagai alternatif pendekatan psikososial yang sederhana namun bermakna.

Kata kunci: afirmasi positif, bullying, harga diri rendah situasional, intervensi keperawatan, remaja.


Detail Information

Item Type
Karya Tulis Ilmiah
Penulis
Student ID
144012022076
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edition
Published
Departement
D3 Keperawatan
Contributor
Language
Indonesia
Publisher STIKES RS DUSTIRA : Cimahi.,
Edition
Published
Subject(s)
No Panggil
616.89 MUH p
Copyright
Sekolah TInggi Ilmu Kesehatan (STIKes) RS Dustira
Doi

File Attachment

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail